Thursday, September 22, 2011

Kemajuan jaman membuat  semua serba mudah,semua bisa di cari di internet dari yang Positif hingga negatif semua ada,internet dewasa ini sangat akrab  dengan dunia anak,anak jaman sekarang sudah paham dengan dan cendrung tertarik dengan hal-hal yang baru,namaun awas,hal ini harus di sikapi dengan bijak oleh orang tua,banyak konten-konten berbahaya yang tak layak untuk di konsumsi oleh anak, untuk itu peranan orang tua sangat penting agar tumbuh kembang anak tidak terkontaminasi oleh hal-hal yang tidak mendidik,

Berikut AKSARA memberi 9 Tips ringan  yang sangat besar pengaruhnya,agar anak anda terlindungi dari pengaruh negatif internet khusunya konten-konten yang tak patut untuk di konsumsi oleh anak anda.


1. Buatlah akun dan username tersendiri untuk anak: Anak-anak harus punya akun sendiri di PC, dan memiliki username sendiri. Inilah satu-satunya cara yang efisien untuk mengawasi aktifitas apa saja yang dilakukannya di internet dan orangtua lah yang menjadi sistem administratornya.

2. Update: Software antivirus dan parental control harus tetap update.

3. Awasi situs-situs yang dikunjungi anak lewat browsing record: Jika ditemukan record yang terhapus, bisa menjadi pertanda awal jika ada yang dirahasiakan. Diskusikanlah dengan anak Anda tentang hal itu.

4. Awasi webcam pada komputer: Pastikan kamera webcam tidak terkoneksi dengan internet jika kamera tidak sedang digunakan.

5. Periksalah konfigurasi akun jejaring sosial anak: Wall Facebook adalah tempat untuk berbagi di ranah publik, sama sekali tidak ada batasan, sehingga potensial memunculkan risiko bagi keamanan anak-anak.

6. Jangan mengirimkan informasi rahasia lewat internet: Informasi yang bersifat rahasia dan pribadi tidak pernah dimintakan lewat e-mail atau chat. Demikian pula Bank, tidak pernah meminta data rekening dan nomor PIN. Hal ini sangat penting dan oleh sebab itu perlu ditanamkan kepada anak-anak.

7. Jangan membalas pesan-pesan yang bernada melecehkan: Pada situasi dimana anak mendapatkan pesan yang bernada melecehkan di internet, sampaikan kepadanya untuk tidak perlu membalas.

Karena umumnya respon reaktif seperti itulah yang diinginkan oleh pengirim. Jika kiriman pesan tersebut berulang kembali, laporkan pada pihak berwajib. Hal tersebut harus dipahami oleh orangtua.

8. Tidak semua yang ada di internet itu benar: Anak-anak harus diberitahu bahwa tidak seluruhnya dari informasi yang ada di internet berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Belakangan ini, mudah sekali mendapatkan segala hal dari internet. Itu sebabnya disarankan kepada user untuk ekstra hati-hati ketika memperoleh informasi dari internet.

9. Bukalah jalur komunikasi: Berkomunikasi secara terbuka dengan anak sangat penting untuk membahas tentang keamanan mereka. Sekaligus merupakan cara terbaik untuk mendorong anak-anak agar bersedia berbagi tentang apa yang ditakutkan, apa yang menarik bagi mereka daripada serangkaian peraturan yang menekan, dan hukuman.



uhh lega rasanya berbagi kebaikan buat semua,semoga tulisan sederhana ini bermamfaat bagi anda yang mempunyai anak dan merasa was-was terhadap pengaruh negatif dunia internet,semoga bermamfaat :-)

Bookmark and Share

3 komentar:

Ijolumutz said...

Salam kenal bang, keren artikelnya. Cuma belum punya anak istri, jadi gak terlalu mikirin. he"

Tanto said...

Sebaiknya pada waktu anak-anak menggunakan fasilitas internet. didampingi oleh orang tua.

Rahasia SEO said...

Tips yang sangat bermanfaat.
Kalau di dalam rumah bisa terkendali dengan tips diatas, satu masalah lagi bila anak menggunakan internet di luar (warnet, laptop sendiri). Pusing deh. Yang terpenting adalah menanamkan moral spiritual yang kuat bagi anak agar tidak menjalankan sesuatu yang dilarang oleh agama.

Post a Comment

Kritik,Saran dan Tanggapan Anda Sangat Kami Harapkan
[NO SPAM, SARA, PORNOGRAFI]
Setiap Komentar* akan di Ikutkan dalam Program Top Komentar yang Berhadiah Pulsa Elektrik senilai Rp.10.000,- dan Rp.5.000,- yang di Berikan dua bulan sekali
*Syarat Ketentuan berlaku baca selengkapnya

 
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net