Tuesday, March 15, 2011

      Kapasitas mahasiswa yang mulai meningkat membuat pihak Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) berpikir panjang demi kelangsungan dan kenyamanan belajar mengajar. Semakin bertambah jumlah mahasiswa, semakin bertambah fasilitas yang dibutuhkan, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang kesekretariatan bagi beberapa Unit Kerja Mahasiswa (UKM) serta ruang-ruang untuk yang lainnya.
       Sementara untuk menambah luas kampus, kondisi luas area nya tidak mendukung, dalam artian kampus Umri memang benar-benar berada di area yang padat bangunan. Hal itu membuat perluasan kampus tidak memungkinkan, jika pun diperluas hanya ada satu alternatif, yakni memanjang ke atas.
      Maka pada pertengahan tahun 2010 lalu, pembangunan kampus baru mulai dikerjakan pada area yang cukup luas dan sedikit lebih jauh dari bibir jalan raya yakni di Jalan Tuanku Tambusai Ujung. Kemudian pembangunan tersebut saat ini selesai dikerjakan dan telah ditempati oleh dua fakultas. Berdasarkan rapat pimpinan Umri, dua fakultas yang akan menempati kampus baru yakni Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA  dan Kesehatan.
       Namun hingga kini, kampus II tersebut belum mempunyai daya listrik sendiri. Menurut Elviandri, Humas Umri, tidak akan lama lagi akan diusahakan untuk memasang trapo sendiri sehingga tidak harus meminta daya dari tempat lain.
      “Mungkin pada akhir bulan ini alat itu sudah terpasang di kampus II kita ini, untuk saat ini kita masih meminta bantuan daya dari Mall SKA,” terang Elviandri.
      Untuk prasarana yang lain, Umri mendapat Dana Hibah dari Dikti Negara, sehingga semua peralatan untuk penunjang belajar mengajar telah tersedia.
      “Alhamdulillah, kipas angin dan LCD Proyektor sudah kita beli dari dana hibah Dikti, saat ini kita sedang menunggu kepastian dari  bagian teknisi kapan mereka akan membuat tempat untuk LCD Proyektor tersebut,” Imbuhnya.
      Jika dilihat dari segi promosi untuk sosialisasi ke masyarakat Kampus II Umri sangat strategis. Di lihat dari segi ekonomis, jarak tempuh Kampus I ke Kampus II tidak menghambat proses belajar mengajar. Untuk rencana kedepan pihak universits akan membangun satu buah Labor untuk MIPA yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat praktek mahasiswa.
      Hingga saat ini sudah merupakan minggu kelima proses belajar mengajar di Kampus II baru Umri berlangsung.Namun untuk beberapa mata kuliah seperti Komputer, mahasiswa masih belajar di kampus I yakni di Jalan Ahmad Dahlan.
      Dengan kehadiran kampus baru tersebut, diharapkan semangat dan rasa minat belajar mahasiswa menjadi lebih tinggi. Dengan beberapa labor yang akan di selesaikan maka para mahasiswa yang sebagian besar berasal dari akademi keperawatan dapat mengaplikasikan materi-materi yang disampaikan oleh dosen pengajar nya di ruangan tersebut.
  Lebih Nyaman Belajar Kampus Baru
      Dekat dari Mall SKA, itu yang di katakan Yusril Prima Putra, Mahasiswa Keperawatan semester enam. Kampus yang terletak tepat di samping pusat perbelanjaan yang terkenal di Pekanbaru memang baru akan diresmikan, tapi proses belajar mengajar sudah berlangsung.
      “Kampus baru ini lebih nyaman, karena tidak bising, namun masih banyak fasilitas yang belum lengkap,” ujarnya.
      Meskipun beberapa mahasiswa ada yang mengeluh mengenai transportasi dan tempat tinggal (kost-red). Namun hal itu tidak membuat para mahasiswa menyerah. Khairunisa, mahasiswa FMIPA Biologi mengaku harus naik turun angkot untuk sampai di kampus II. Kebetulan tempat tinggalnya berada di belakang kampus I.
      “Ya, mau gimana lagi, sudah berusaha cari rumah yang lebih dekat dengan kampus baru, tapi ternyata disekitar kampus tersebut tidak ada,” ucapnya.
      Namun Nisa, panggilan akrabnya mengaku tetap bersemangat untuk pulang pergi ke kampus baru meskipun menggunakan kendaraan umum.
      “Nggak apa-apa kok pakai angkot, kan teman yang lain banyak, sesekali saya juga nebeng sama teman,lagipula mencari ilmu kan butuh pengorbanan” lanjutnya.(rahma fadhilla)

Bookmark and Share

3 komentar:

Rasau Hijau said...

Wew Kampusnya Lumayan bagus tapi Sayang Kok Masih Gersang?Suruh aja mahasiswanya GORO buat nanam Pohon...Biar lebih Hijau Tu Kampus...

Naga From Parapat City said...

Wah kampus baru ya? semoga dengan kampus baru, semangat untuk kuliah jadi meningkat. Dengan pindahnya lokasi kampus membuat sebahagian mahasiswa yang kost di dekat kampus lama gigit jari, karena biaya hidup menjadi bertambah yaitu ongkos :D

wawasan dunia said...

selamat atas kesuksesannya dengan kampus barunya semoga bisa sllu bermanfaat amien

Post a Comment

Kritik,Saran dan Tanggapan Anda Sangat Kami Harapkan
[NO SPAM, SARA, PORNOGRAFI]
Setiap Komentar* akan di Ikutkan dalam Program Top Komentar yang Berhadiah Pulsa Elektrik senilai Rp.10.000,- dan Rp.5.000,- yang di Berikan dua bulan sekali
*Syarat Ketentuan berlaku baca selengkapnya

 
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net